Pasca Melahirkan Rambut Rontok Parah

Pasca Melahirkan Rambut Rontok Parah -

Ciee yang baru jadi ibu, rambutnya rontok dong ya?

Oh iya dong! Kenapa sih?

Perawatan Rambut Rontok Pasca Melahirkan

Bukanlah hal yang aneh jika rambut jadi rontok parah pasca melahirkan. Biasanya, dalam 6 bulan setelah melahirkan, rambut akan rontok dengan jumlah yang cukup banyak lho. Itu karena hormon estrogen yang bertanggung jawab atas keseimbangan pertumbuhan rambut, turun drastis pasca melahirkan. Nah, kombinasi hormon yang nggak stabil pasca melahirkan dan gaya hidup yang kurang sehat pun jadi pemicu rambut rontok sehabis melahirkan. Ngapain sih kerjaan rumah tangga mulu, sempetin diri untuk perawatan rambut juga biar gampang tumbuhnya.

Oiya, COVID-19 juga bisa bikin rambut rontok lho

Wah kok bisa sih?

Rambut Rontok Pasca Infeksi COVID-19

Yes, COVID-19 tidak hanya berkaitan dengan masalah kesehatan aja, tapi juga menimbulkan masalah pada rambut kamu. Ternyata infeksi COVID-19 bisa jadi penyebab rambut rontok juga. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan pada siklus rambut dari anagen (tumbuh), telogen (istirahat), dan katagen (rontok) selama infeksi terjadi. Nah, perubahan siklus rambut ini bisa mengakibatkan rambut kamu rontok dengan jumlah yang cukup signifikan.

Nah, mau tau nggak sih bagaimana cara mengatasi rambut rontok pasca melahirkan atau infeksi COVID-19?

Pastinya mau dong!

1. Perbanyak konsumsi makanan sehat

Nah, kamu harus pintar-pintar dalam memilih makanan yang kamu konsumsi, Ladies. Pastikan makananmu mengandung banyak protein, vitamin, omega-3, dll. Asupan makanan yang sehat akan meningkatkan produksi kolagen dan pertumbuhan rambutmu. Jadi, makan makanan yang bergizi agar rambutmu bisa kembali tumbuh dengan sehat.

2. Rajin-rajinlah untuk menjaga kebersihan rambutmu

Kamu harus rajin mencuci rambutmu agar berpotensi meningkatkan pertumbuhan rambut. Pastikan kamu menggunakan shampo yang mengandung bahan alami seperti lidah buaya, bahan ini membantu menjaga kulit kepalamu sehat dan mencegah rambut rontok. Cuci rambutmu dengan lembut agar tidak merusak folikel rambut. Jangan lupa cuci juga sisir rambutmu secara teratur ya!

3. Jangan terlalu sering mengikat rambutmu

Jangan terlalu sering mengikat rambutmu atau memakai topi secara terus-menerus karena dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok. Berikan rambutmu sedikit napas dengan mengikat rambutmu sewajarnya aja ya.

4. Hindari keramas dengan air panas

Keramas dengan air panas bisa melelehkan minyak alami rambutmu dan merusak folikel rambut. Sebaiknya kamu keramas dengan air dingin atau hangat agar rambut tidak mudah rontok dan juga terhindar dari kulit kepala yang gatal.

5. Penuhi kebutuhan tidur dan istirahatmu dengan cukup

Penting banget nih untuk tidur yang cukup dan istirahat memadai. Karena kurangnya tidur yang cukup, bisa mengakibatkan stres dan membuat rambut terus rontok. Jadi, jangan hanya fokus pada bayimu, tapi jangan lupakan pentingnya kesehatanmu ya, Ma.

Nah, itu dia beberapa tips dan trik dalam mengatasi rambut rontok. Ingat ya, rambut yang sehat itu menjadi cerminan kesehatan kamu secara keseluruhan. Jadi, jangan lakukan kebiasaan yang buruk dalam perawatan rambutmu. Sebab, rambut kamu penting banget loh, ladies! Yuk pantengin tips-tips di atas dan dapatkan hasil yang maksimal!

Demikian blog Tentang Pasca Melahirkan Rambut Rontok Parah , Semoga blog kali ini bermanfaat untuk kita semua. Jika ada kalimat yang kurang dimengerti kami mohon maaf, Sekian & Terima kasih atas kunjungannya.


💠 Caraprofesor 💠 Afuza 💠 Phiral 💠 Misterdudu 💠 Jalanlagi ðŸ’