Rambut Rontok Bayi 5 Bulan

Rambut Rontok Bayi 5 Bulan -

Si Kecil sudah mulai berusia lima bulan dan tiba-tiba rambutnya mulai rontok? Jangan khawatir, Moms. Rambut rontok pada bayi memang wajar terjadi karena masa pertumbuhan rambut si kecil masih dalam tahap awal. Namun, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. Berikut ulasannya:

Penyebab Rambut Bayi Rontok

1. Faktor genetik

Memiliki orangtua dengan rambut tipis atau beruban dapat membuat bayi memiliki rambut yang cenderung rontok. Hal ini adalah faktor genetik yang tak bisa dicegah.

2. Faktor lingkungan

Paparan sinar matahari, polutan udara dan perbedaan suhu antara ruangan dalam dan luar rumah juga bisa menjadi penyebab rambut bayi rontok. Namun tak perlu khawatir, Moms, selama tidak berlebihan hal ini masih bisa diatasi.

3. Kekurangan nutrisi

Bayi yang masih menyusu atau yang pengenalan MPASI-nya masih dalam tahap awal harus dipastikan mendapatkan nutrisi yang cukup. Kekurangan nutrisi seperti zat besi, asam folat, dan vitamin D dapat menyebabkan rambut bayi rontok.

4. Infeksi jamur

Infeksi jamur pada kulit kepala bayi juga bisa menyebabkan rambut bayi rontok. Biasanya, infeksi jamur di kepala bayi terjadi karena adanya jamur Malassezia yang berkembang biak di kulit kepala yang lembap.

5. Gatal-gatal di kepala

Jika bayi sering menggaruk-garuk kepala karena rasa gatal, maka rambut si kecil bisa menjadi rontok. Gatal di kepala bisa terjadi akibat alergi, eksem, psoriasis dan sebagainya.

6. Efek samping obat-obatan

Bila Moms pernah memberikan obat tertentu pada si kecil, ada kemungkinan rambut bayi menjadi rontok. Oleh karena itu, jangan sembarangan memberikan obat pada bayi tanpa persetujuan dokter.

Cara Mengatasi Rambut Bayi Rontok

1. Rajin Memijat Kulit Kepala Bayi

Moms bisa melakukan pijatan-pijatan pada kulit kepala bayi agar terstimulasi aliran darah ke folikel rambut. Pijatan-pijatan ini juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati yang menempel pada rambut si kecil.

2. Menjaga Kebersihan Rambut dan Kulit Kepala

Tahukah Moms, menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala bayi juga bisa membantu mengatasi rambut bayi rontok. Pastikan Moms menggunakan produk perawatan rambut yang aman dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala bayi.

3. Berikan Asupan Nutrisi yang Cukup

Moms yang memberikan ASI pada bayinya perlu memastikan bahwa asupan nutrisi yang bayi terima cukup. Begitu juga dengan Moms yang memberikan MPASI. Pastikan si kecil mendapatkan asupan nutrisi yang sehat agar pertumbuhan rambutnya optimal.

4. Hindari Penggunaan Chemical Saat Merawat Rambut Bayi

Moms harus sangat selektif memilih produk perawatan rambut yang aman untuk bayi. Produk tersebut harus bebas dari pewangi dan zat kimia yang berbahaya. Pilihlah produk yang memang dirancang khusus untuk bayi.

5. Rawat dengan Serum Rambut Bayi

Untuk mengatasi rambut bayi yang rontok dengan lebih cepat, Moms bisa mengandalkan serum rambut bayi yang banyak tersedia di pasaran. Serum ini memang dikhususkan untuk merawat rambut bayi agar tumbuh lebih sehat, kuat dan tidak mudah rontok.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi rambut bayi rontok, Moms. Namun, jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan jika kondisi bayi semakin parah dan membutuhkan penanganan medis yang lebih profesional.

Rambut Bayi Rontok

Sumber gambar: SehatQ

Serum Rambut Bayi

Sumber gambar: Her World Indonesia

Demikian artikel singkat ini Tentang Rambut Rontok Bayi 5 Bulan , Semoga web kali ini bermanfaat untuk anda. Jika ada kata yang kurang dimengerti kami mohon maaf, Terimakasih atas kunjungannya.


💠 Caraprofesor 💠 Afuza 💠 Phiral 💠 Misterdudu 💠 Jalanlagi ðŸ’